350 Gajah di Botswana Mati Misterius, Peneliti Kebingungan

Jum'at, 03 Juli 2020 - 21:41 WIB

MANAberita.com – BOTSWANA sedang menyelidiki kematian ratusan gajah yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak Mei 2020.

Pemerintah setempat mengatakan tiga laboratorium di Kanada, Afrika Selatan dan Zimbabwe akan diminta untuk memproses sampel yang diambil dari gajah yang mati secara misterius.


Lebih dari 350 bangkai gajah telah terlihat di Delta Okavango di Botswana dalam dua bulan terakhir. Tidak ada yang tahu mengapa hewan-hewan mati di Botswana – rumah bagi sepertiga populasi gajah Afrika.


Dikutip dari BBC, dalam sebuah laporan yang disiapkan untuk pemerintah, organisasi konservasi Elephants Without Borders (EWB) mengatakan survei udara menunjukkan bahwa gajah dari segala usia tampaknya sekarat.


Dr Niall McCann, dari National Park Rescue yang bermarkas di Inggris, awal pekan ini mengatakan kepada BBC bahwa konservasionis lokal pertama kali memperingatkan pemerintah pada awal Mei, setelah mereka melakukan penerbangan di atas delta.


“Mereka melihat pesawat dalam penerbangan tiga jam. Untuk dapat melihat dan menghitung bahwa banyak dalam penerbangan tiga jam itu luar biasa. Sebulan kemudian, penyelidikan lebih lanjut mengidentifikasi lebih banyak bangkai, sehingga totalnya menjadi lebih dari 350.


“Ini benar-benar belum pernah terjadi sebelumnya dalam hal jumlah gajah yang sekarat dalam satu peristiwa yang tidak terkait dengan kekeringan,” tambahnya.


Kembali pada bulan Mei, pemerintah Botswana mengesampingkan perburuan liar sebagai alasan – mencatat gading belum dihapus, menurut Phys.org.


Ada hal-hal lain yang menunjuk pada sesuatu selain perburuan liar pada kematian gajah-gajah tersebut.


“Hanya gajah yang sekarat dan tidak ada yang lain. Jika itu adalah sianida yang digunakan oleh pemburu liar, kamu akan berharap untuk melihat kematian lainnya,” kata Dr McCann.


McCann juga secara tentatif mengesampingkan keracunan antraks alami, yang menewaskan sedikitnya 100 gajah di Botswana tahun lalu.


Tetapi mereka tidak dapat mengesampingkan keracunan atau penyakit. Cara hewan-hewan itu tampak sekarat – banyak yang jatuh di wajah mereka – dan penampakan gajah-gajah lain yang berjalan dalam lingkaran menunjuk pada sesuatu yang berpotensi menyerang sistem neurologis mereka, kata Dr. McCann.


Either way, tanpa mengetahui sumbernya, tidak mungkin untuk mengesampingkan kemungkinan suatu penyakit melintas ke populasi manusia – terutama jika penyebabnya adalah sumber air atau tanah. Dr McCann menunjuk pada pandemi Covid-19, yang diyakini telah dimulai pada hewan.


“Ya, ini adalah bencana konservasi – tetapi juga berpotensi menjadi krisis kesehatan masyarakat,” katanya.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "350 Gajah di Botswana Mati Misterius, Peneliti Kebingungan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel